Pengumuman Pemenang Lomba Menulis Artikel Hari Lingkungan Hidup

Salam Adil dan Lestari

Salam Literasi Lingkungan

Empat pekan lalu tepatnya awal bulan Juni 2020 Walhi Sulawesi Tengah membuka kesempatan bagi kalangan masyarakat Sulawesi Tengah untuk berpartisipasi dalam lomba menulis Artikel bertema Liberalisasi Kebijakan Pengelolaan Sumber Daya Alam (PSDA) dan Tantangan Keberlanjutan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Sulawesi Tengah. Lomba tersebut diadakan dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2020.

Lomba menulis artikel tersebut dimaksudkan untuk menggali gagasan alternatif konsep pengelolaan lingkungan hidup berkelanjutan di Sulawesi Tengah dalam menjawab tantangan kebijakan liberalisasi PSDA dan pengelolaan lingkungan hidup di Sulawesi Tengah. Disamping itu lomba menulis artikel ini juga hendak menstimulasi kesadaran masyarakat akan pentingnya melahirkan ide dan gagasan alternatif dalam menjawab tantangan liberalisasi kebijakan PSDA di Sulawesi Tengah.

Sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh panitia, pengumuman pemenang lomba menulis artikel ini sedianya akan diumumkan pada 26 Juni 2020. Namun karena masih kurangnya partisipan lomba yang mengirimkan artikel kepada panitia sehingga jadwal pengiriman artikel kami perpanjang. Setelah perpanjangan waktu penerimaan artikel, terdapat tiga orang peserta yang mengirimkan artikelnya dan setelah dilakukan proses penilaian dan editing tulisan pengumuman lomba tersebut baru sempat kami umumkan pada hari ini.  Karena itu, panitia lomba dan dewan juri memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat luas utamanya terhadap para peserta atas keterlambatan pengumuman lomba esai ini.

Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan mengapresiasi karya tiga orang peserta yang telah mengikuti lomba menulis artikel ini. Ketiga tulisan tersebut telah dilakukan  penilaian oleh lima orang dewan juri berdasarkan ketentuan lomba yang telah ditetapkan oleh panitia, baik dari sisi syarat kepesertaan, ketentuan teknis, hingga substansi dengan beberapa aspek penilaian sebagai berikut :

  1. Kesesuaian antara judul dan konten isi artikel.
  2. Pengetahuan penulis tentang arah kebijakan nasional dan daerah (Provinsi dan Kabupaten/Kota) dalam PSDA dan pengelolaan lingkungan hidup.
  3. Pengetahuan penulis tentang konteks masalah yang timbul sebagai dampak dari kebijakan nasional dan daerah dalam PSDA dan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Sulawesi Tengah.
  4. Data dan fakta-fakta lapangan dan proyeksi dampak implementasi liberalisasi kebijakan PSDA dan pengelolaan lingkungan hidup di Sulawesi Tengah di masa yang akan datang.
  5. Pandangan kritis penulis terhadap arah dan dampak implementasi liberalisasi kebijakan PSDA dan pengelolaan lingkungan hidup di Sulawesi Tengah.
  6. Gagasan dan ide alternatif dari penulis tentang upaya menjawab tantangan liberalisasi kebijakan PSDA dan pengelolaan lingkungan hidup di Sulawesi Tengah
  7. Teknis dan etika penulisan.

Dari hasil seleksi dan penilaian yang dilakukan, dewan juri kemudian menetapkan tiga orang penulis pemenang artikel terbaik. Maka melalui pengumunan ini kami mengumumkan tiga orang pemenang artikel terbaik diantaranya :

  • Pemenang artikel terbaik pertama diberikan kepada Meity Ferdiana Paskual dengan judul artikel Kontroversi Proyek Pengerukan di Hulu Sungai Danau Poso; Liberalisasi PSDA, Transaksi Kepentingan, Hingga Salah Guna Dana Tanggung Jawab Sosial.
  • Pemenang artikel terbaik kedua diberikan kepada Nurhikma dengan judul artikel Liberalisasi Kebijakan PSDA Dan Tantangan Keberlanjutan Pengelolaan Lingkungan Hidup Di Sulawesi Tengah.
  • Pememang artikel terbaik ketiga diberikan kepada Normawati K Mboto dengan judul artikel Menggagas Solusi Masalah Kerusakan Lingkungan Pesisir dan Laut Dusun Lala.

Selanjutnya panitia akan menghubungi ketiga peserta pemenang untuk proses pemberian hadiah dan rencana tindak lanjut pasca publikasi tulisan melalui website www.walhisulteng.com. Paling lambat empat hari setelah publikasi, panitia akan menyerahkan hadiah uang tunai dan piagam penghargaan (piagam digital) kepada para pemenang.

Demikian pengumuman ini atas partisipasi dan kerjasama dari para peserta lomba dan publik yang membantu penyebaran informasi lomba ini kami haturkan terima kasih.

Ketua Panitia

Khaeruddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *